CONTOH PROPOSAL USULAN PROGRAM LISTRIK PEDESAAN (SR/IR) UNTUK MASYARAKAT PRA-KS/KSI APBD JABAR TAHUN ANGGARAN 2012

PROPOSAL
USULAN PROGRAM LISTRIK PEDESAAN (SR/IR)
UNTUK MASYARAKAT PRA-KS/KSI
APBD JABAR TAHUN ANGGARAN 2012
DESA SINDANGRAJA

KECAMATAN JAMANIS
KABUPATEN TASIKMALAYA
2012
 PEMERINTAH KABUPATEN TASIKMALAYA
KECAMATAN JAMANIS
DESA SINDANGRAJA
Jl. Sentral Peuyeum Nyalindung Jamanis Kode Pos 46175

Nomor : 35 / DS / II / 2012
Sifat : Biasa
Lampiran : 1 (satu) berkas
Perihal : Usulan Program Listrik
Pedesaan (SR/IR) Untuk Masyarakat Pra-KS/KS1
Kepada
Yth. Bapak Gubernur Jawa Barat
Melalui;
ESDM Provinsi Jawa Barat
Di
Bandung
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dipermaklumkan dengan hormat, sehubungan dengan adanya permohonan dari warga masyarakat Pra-KS/KS1 Desa Sindangraja mengenai Listrik Pedesaan. Maka kami mengajukan Proposal Permohonan Program Listrik Pedesaan APBD I Jawa Barat (SR/IR) Tahun Anggaran 2012 untuk masyarakat Pra-KS/KS1.
Sebagai bahan pertimbangan disampaikan beberapa informasi sebagai berikut :
1. Daftar masyarakat Pra-KS/KS1 yang memerlukan penerangan listrik sebagaimana terlampir.
2. Dengan adanya Program Listrik Pedesaan, akan memberikan kesempatan untuk mendorong masyarakat Desa Sindangraja melangkah lebih maju dalam bidang keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya.
Adapun jumlah warga masyarakat Pra-KS/KS1 yang mengajukan permohonan listrik pedesaan tersebut berjumlah 40 KK, daftar terlampir.
Demikian permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Mengetahui,
Camat Jamanis
………………………..
NIP. Sindangraja, Februari 2012
Kepala Desa Sindangraja
RAHMAT
Tembusan disampaikan kepada Yth;
1. Bapak Bupati Kabupaten Tasikmalaya
2. Bapak Kepala Balai WIPEL III Tasikmalaya
3. Bapak Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya
4. Arsip
PROPOSAL
USULAN PROGRAM LISTRIK PEDESAAN (SR/IR)
UNTUK MASYARAKAT PRA-KS/KSI
APBD JABAR TAHUN ANGGARAN 2012
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan ke Khadirat Illahi Rabbi yang telah memberikan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga proposal ini telah selesai dibuat walaupun masih dalam bentuk sederhana. Proposal ini dibuat untuk mengajukan Permohonan Program Listrik Pedesaan APBD I Jawa Barat (SR/IR) Tahun Anggaran 2012 untuk masyarakat Pra-KS/KS1 Desa Sindangraja Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya.
Penyusunan proposal ini berdasarkan usulan dari warga masyarakat Pra-KS/KS1 dan hasil musyawarah yang dilakukan dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat. Oleh karena itu ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian penyusunan proposal ini.
Kami mohon semoga proposal ini dapat disetujui, sehingga realisasinya dapat bermanfaat bagi masyarakat Pra-KS/KS1 Desa Sindangraja Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya

Sindangraja, Februari 2012
Penulis

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang
Listrik merupakan salah satu sumber energi yang sangat penting bagi kehidupan umat manusia. Dan pada saat listrik sudah menjadi kebutuhan yang vital menyangkut sebagian besar kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Mulai dari penerangan, alat-alat rumah tangga, sarana dan prasarana umum, alat produksi dan masih banyak lagi yang lainnya, menggunakan energi listrik sebagai pasokan energi utamanya yang menjalankan operasi alat-alat tersebut.
Diseluruh belahan dunia, listrik masih menjadi salah satu kebutuhan primer dalam pelbagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Tak terkecuali di negara kita tercinta Republik Indonesia, listrik tidak bisa dipisahkan dalam setiap kegiatan sehari-hari. Di kota-kota besar maupun kecil termasuk daerah pedesaan, listrik merupakan tonggak utama dalam kegiatan masyarakat yang menyangkut produksi, distribusi, penerangan, transportasi, sarana dan prasarana umum, rumah tangga, hiburan dan banyak lagi yang lainnya.

2. Maksud dan Tujuan
a. Maksud
Adapun maksud dari penyusunan proposal ini adalah untuk mengajukan permohonan Program Listrik Pedesaan APBD I jawa Barat Tahun Anggaran 2012 (SR/IR) untuk masyarakat Pra-KS/KS1 Desa Sindangraja Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya.

b. Tujuan
Tujuan dari pengajuan proposal ini diantaranya :
• Pemerataan distribusi listrik kepada masyarakat yang masih belum dapat menikmati penerangan listrik di Wilayah Desa Sindangraja Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya khususnya Pra-KS/KS1.
• Membuka peluang dan mendorong masyarakat pedesaan khususnya masyarakat Pra-KS/KS1 Desa Sindangraja untuk melangkah lebih maju dalam bidang agama, pendidikan, ekonomi, sosial budaya.

3. Sasaran Kegiatan
a. Sasaran Fisik
• Masyarakat Pra-KS/KS1 Desa Sindangraja Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya.
• Pemerataan penerangan listrik di wilayah Desa Sindangraja.
• Kegiatan agama, pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya.

b. Sasaran Fungsional
• Membuka peluang mendorong masyarakat Pra-KS/KS1 Desa Sindangraja untuk melangkah lebih maju dalam bidang agama, pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya.
• Meningkatkan kualitas kegiatan agama, pendidikan, sosial dan budaya di Desa Sindangraja.

BAB II
PROFIL DESA SINDANGRAJA

Desa Sindangraja merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya. Wilayah Desa Sindangraja dibagi kedalam 6 kedusunan, yaitu Kedusunan Nyalindung, Karangmanggu, Cirahayu, Lengkong, Nagrak, Tonjong. Adapun batas wilayah Desa Sindangraja, diantaranya :
• Sebelah Barat : Desa Condong dan Desa Bojonggaok
• Sebelah Timur : Jalan Provinsi
• Sebelah Utara : Desa Karangmulya / Sungai Cideres
• Sebelah Selatan : Desa Manggungsari Kecamatan Rajapolah
Luas wilayah Desa Sindangraja 249 Ha, dengan jumlah penduduk 4.836 dan jumlah kepala keluarga sebanyak 1.272 KK. Sebagian besar mata pencaharian penduduk Desa Sindangraja yaitu sebagai buruh tani, petani dan pedagang, selain itu juga bermata pencaharian sebagai wiraswasta, pegawai negeri, pegawai swasta dan lain-lain.

BAB III
SASARAN KEGIATAN

A. Masyarakat Pra-KS/KS1
Energi listrik sebagai salah satu sumber energi vital, sangat dibutuhkan menyangkut kehidupan berbagai kegiatan yang dilakukan manusia. Setiap individu dan unit keluarga di negeri ini memiliki hak yang sama dalam menikmati fasilitas energi tersebut. Tak terkecuali masyarakat Pra-KS/KS1 juga memiliki hak yang sama untuk menikmati energi listrik. Hanya saja mungkin segi ekonomi yang menjadi kendala bagi mereka untuk menikmati hal tersebut.
Maka berangkat dari hal tersebut di atas, kami menyambut gembira dengan adanya Program Listrik Pedesaan (SR/IR) untuk masyarakat Pra-KS/KS1. Dengan adanya program tersebut, diharapkan masyarakat Pra-KS/KS1 dapat ikut menikmati fasilitas listrik di rumahnya masing-masing guna penerangan maupun motivasi masyarakat Pra-KS/KS1 untuk memulai mengembangkan usaha kecil rumahan yang akan menjadi penopang kehidupannya.

B. Keagamaan dan Pendidikan
Selain untuk membantu masyarakat Pra-KS/KS1, juga diharapkan Program Listrik Pedesaan (SR/IR) untuk masyarakat Pra-KS/KS1 dapat menyentuh sarana kegiatan masyarakat khususnya di bidang pendidikan dan keagamaa. Yang pada akhirnya diharapkan lancarnya kegiatan-kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan, agama, sosial dan budaya di Desa Sindangraja

C. Mendorong Timbulnya dan Berkembangnya Unit Usaha Kecil
Berbagai kegiatan industri kecil maupun besar sangat memerlukan energi listrik untuk menjalankan kegiatan produksi atau operasionalisasi kegiatan industri tersebut. Yaitu untuk menjalankan alat produksi diperlukan sumber energi untuk menggerakannya. Energi listrik merupakan sumber energi utama yang biasanya digunakan dalam industri kecil maupun besar.
Di Desa Sindangraja terdapat berbagai macam industri kecil rumahan, seperti olahan makanan, kerajinan, jahit (konfeksi), dan industri rumahan lainnya yang memerlukan bantuan penyediaan energi listrik guna berjalannya proses produksi dan operasional usaha-usaha tersebut. Maka diharapkan Program Listrik Pedesaan (SR/IR) untuk masyarakat Pra-KS/KS1 dapat menyentuh kegiatan industri kecil rumahan tersebut. Yang pada akhirnya industri rumahan yang ada di wilayah Desa Sindangraja dapat berkembang dan mampu meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat.

BAB IV
PENUTUP

Demikian proposal ini dibuat dengan tujuan mengajukan Permohonan Program Listrik Pedesaan (SR/IR) Tahun Anggaran 2012 untuk masyarakat Pra-KS/KS1 Desa Sindangraja Kecamatan Jamanis Kabupaten Tasikmalaya.
Melalui proposal yang sederhana ini, besar harapan kami kiranya proposal ini dapat disetujui dan dikabulkan. Demi terciptanya pemerataan pemakaian energi listrik bagi masyarakat Pra-KS/KS1 Desa Sindangraja. Serta dengan harapan terpenuhinya kebutuhan listrik tersebut dapat mendorong masyarakat lebih maju dalam pelbagai aspek kehidupan guna meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat.

RAKIPITULASI DAFTAR USULAN
PROGRAM LISTRIK PEDESAAN APBD I JABAR
TAHUN ANGGARAN 2012

Pemasangan Instalasi Listrik Rumah (SR/IR) untuk masyarakat Pra-KS/KS1
No Desa Kedusunan Jumlah Warga Pra-KS/KS1 Ket.
1 Sindangraja Nyalindung 10 KK
2 Karangmanggu 6 KK
3 Cirahayu 6 KK
4 Lengkong 6 KK
5 Nagrak 6 KK
6 Tonjong 6 KK
Jumlah 40 KK

Sindangraja, Februari 2012
Kepala Desa Sindangraja
RAHMAT
 PEMERINTAH KABUPATEN TASIKMALAYA
KECAMATAN JAMANIS
DESA SINDANGRAJA
Jl. Sentral Peuyeum Nyalindung Jamanis Kode Pos 46175

DAFTAR USULAN
PROGRAM LISTRIK PEDESAAN APBD JABAR
DESA SINDANGRAJA
TAHUN ANGGARAN 2012

No Nama Alamat Pekerjaan
Kampung RT RW
1 Uju Nyalindung 02 02
2 Iloh / Wawan Nyalindung 01 02
3 Emod Acah Nyalindung 01 02
4 Endang Nyalindung 01 02
5 Masri Ciherang 01 02
6 Titin Sukajadi 01 01
7 Rioh Nyalindung 02 01
8 Komariah Nyalindung 01 02
9 Ema Sindangmulya 03 11
10 Dudung Sindangmulya 03 11
11 Jaja Sukamulya 01 03
12 Agus Iik Legok 04 03
13 Ade Sumarna Legok 04 03
14 Aa Karangmanggu 03 03
15 Mas Slamet Karangmanggu 03 03
16 Juju Sujana Karangmanggu 03 03
17 Liah / Eni Cirahayu 03 10
18 Parma Cirahayu 03 10
19 Maman Cirahayu 03 10
20 Sollihin Waring Cirahayu 03 10
21 Ust. Nandang Cirahayu 02 11
22 Aj. Kunjang Cirahayu 02 11
23 Cep Qodar Lengkong 01 06
24 Adeh Sunaryah Lengkong 01 06
25 Nana Dulijat Lengkong 01 06
26 Eli Rusli Lengkong 02 07
27 Mas Kirman / Eneng Lengkong 02 07
28 Ade Nia Lengkong 01 07
No Nama Alamat Pekerjaan
Kampung RT RW
29 Dio Nagrak 02 08
30 Feri Nagrak 02 08
31 Ikin Sodikin Nagrak 02 08
32 Wasli Sukasukur 03 09
33 Anan Sukasukur 03 09
34 Wiwin Pasantren 02 09
35 Eje Janudin Tonjong 01 04
36 Kodir Tonjong 01 04
37 Suhendar Tonjong 01 04
38 Memed Tonjong 02 04
39 Dayat Hidayat Tonjong 01 05
40 Erat Tonjong 02 05
Sindangraja, Februari 2012
Kepala Desa Sindangraja

RAHMAT
Baca Juga : Contoh Surat Kuasa

DMC