SILABUS
1. IDENTITAS
MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Sunda
Kode Mata Kuliah :
DR 501
Bobot :
2 SKS
Semester/Jenjang :
5/S1
Kelompok Mata Kuliah : MKKP
Jurusan/Prodi :
Pendidikan Bahasa Daerah
Status Mata Kuliah : Wajib
Prasyarat :
Telah lulus MKKDP dan MKKBS,
Dosen :
Drs. Usep Kuswari, M.Pd.
2. TUJUAN
Setelah menyelesaikan
perkuliahan ini diharapkan mahasiswa Program Pendidikan Bahasa dan sastra Sunda
memiliki kompetensi dalam merancang, menyusun, melaksanakan, dan melaporkan
hasil evaluasi belajar serta menggunakannya untuk perbaikan pembelajaran.
3. DESKRIPSI
Mata kuliah Evaluasi
Pendidikan ini merupakan salah satu Mata Kuliah Dasar Keahlian Pedagodik. Mata
kuliah ini membahas materi perkuliahan yang mengarah kepada pembentukan
pengetahuan dan keterampilan dalam evaluasi pendidikan bagi para calon guru.
Materi
dasar yang dibahas adalah (1) konsep dasar evaluasi pendidikan bahasa, (2)
peranan evaluasi pendidikan, (3) teknik-teknik konstruksi tes bahasa, (4)
uji-coba tes hasil belajar, (5) pengolahaan hasil uji coba tes hasil belajar
bahasa, (6) analisis tes hasil belajar, dan (7) pembakuan tes hasil belajar
bahasa Sunda.
4. PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan : Ekspositori dan Komunikatif
Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemecahan
masalah
Tugas : Laporan buku atau bab, penyusunan berbagai alat evaluasi
Media : OHP, LCD
5. EVALUASI
·
Kehadiran (minimal 80%)
·
Laporan buku
·
Penyusunan Proposal Penelitian
·
Penyajian dan diskusi
·
Acuan :
PAP/CRE 75% atau SKBM = B (2,75)
·
Nilai Akhir :
6. RINCIAN MATERI
PERKULIAHAN TIPA PERTEMUAN
Pertemuan ke-
|
Kompetensi Dasar
|
|
1 dan 2
|
1. Memahami konsep dan penerapan dasar-dasar
pengukuran dan penilaian:
|
|
3 dan 4
|
2. Memahami dan menerapkan konsep perencanaan
penyusunan Evaluasi Hasil
Belajar
Pembahasan metode penyusunan kisi-kisi evaluasi hasil belajar
|
|
5 dan 6
|
3. Memahami dan menerapkan konsep instrument
evaluasi hasil belajar.
·
Pembahasan
jenis tagihan dan intsrumen penilaian.
·
Pembahasan
syarat-syarat penyusunan jenis tagihan dan instrument penilaian
·
Berlatih
menyusun berbagai jenis tagihan dan bentuk instrument penilaian.
|
|
7
|
·
Pembahasan
berbagai jenis instrument evaluasi.
·
Pembahasan
bentuk-bentuk tes : objektif dan non-objektif
·
Pembahasan
bentuk-bentuk soal objektif: Benar-Salah, Pilihan Ganda, Menjodokan, Isian
Singkat
·
Pembahasan
bentuk soal uraian (eseai)
Berlatih menyusun berbagai bentuk soal tes hasil belajar.
|
|
8
|
UTS
|
|
9
|
Menyusun intrumen penilaian berbagai kompetensi atau indicator
pencapaian hasil belajar
|
|
10 dan 11
|
Mengolah hasil evaluasi
Berlatih mengolah skor menjadi nilai standar
|
|
12 dan 13
|
Memahami dan menerapkan konsep mutu alat evaluasi hasil belajar
|
|
14
|
·
Menyusun
laporan hasil evaluasi hasil relajar
·
Pengisian
rapor
·
Pelaporan
tingkat ketuntasan belajar
·
Pelaporan
hasil analisis tingkat keterpahaman dan ketuntasan
|
|
15
|
Memahami cara pemanfaatan hasil evaluasi untuk perbaikan pembelajaran
|
|
16
|
UAS
|
|
7. DAFTAR BUKU
Arikunto, Suharsimi. 1984. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.
Yogyarakta: PT Bina
Aksara.
Gronlund, Norman E. (1985) Meassurement and Evaluation. 5 th ed. New York :
Mcmillan Publishing
Company, Inc.
Nurgiyantoro, Burhan (1988). Penilaian dalam Pendidikan Bahasa dan Sastra.
Yogyakarta :
YPPE
Popham, W, James. 1978. Evalution in Education: Current Applications.
Los
Angeles: University of California
Puwanto, M. Ngalim. 2001. Prinsip-Prinsip
dan Teknik Evaluasi Pengajaran.
Ross, C.C. and Stanley, Julian C. 1954. Measurument in Today Schools. 3rd
ed. New