BAGAN PROSEDUR PENGAJUAN SKRIPSI
Persyaratan Akademik
Mahasiswa Program Strata I pada Semester VIII dapat menyusun Skripsi dengan
dibimbing oleh seorang Dosen Pembimbing yang telah mendapat pengesahan dari
Ketua Jurusan.
Skripsi dikerjakan oleh 1 (satu) orang mahasiswa/i yang telah memenuhi
persyaratan sebagai berikut :
1.
Sekurang-kurangnya telah memiliki tabungan kredit (huruf
mutu C ke atas) sebesar 80 % dari beban studi kumulatif yang harus ditempuh.
2.
Telah menyelesaikan mata kuliah minimal 110 SKS.
Persyaratan Administratif
Untuk menempuh Skripsi, mahasiswa harus memenuhi persyaratan administratif
sebagai berikut :
1.
Telah memenuhi persyaratan akademik.
2.
Memiliki kartu mahasiwa yang berlaku pada semester bersangkutan.
3.
Memiliki KRS semester bersangkutan yang
mencantumkan/memrogramkan Skripsi dan telah ditandatangani oleh Dosen Wali.
2.3 Persyaratan Pembimbing
Dosen yang ditugaskan sebagai Dosen Pembimbing Skripsi berjumlah 1 (satu)
orang dan harus mendapat pengesahan dari Ketua Jurusan.
Bimbingan Skripsi dilaksanakan sekali setiap minggu, dimulai pada awal
semester genap tahun terakhir kuliah. Dengan bimbingan yang terarah tahap demi
tahap diharapkan hasil Skripsi mahasiswa/i yang bersangkutan dapat dipertanggungjawabkan
pada Sidang Komprehensif Kelulusan.
FORMAT
RENCANA PENGAJUAN JUDUL SKRIPSI
N A M A : JURUSAN :
NIM : FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU
POLITIK
NO
|
MASALAH
|
TOPIK
|
RENCANA
JUDUL
|
BUKU YANG TELAH
DIPELAJARI
|
1.
|
1.1 Latar
Belakang Penelitian
1.2 Identifikasi
Masalah
1.3 Variabel
1.4 Kerangka
Teori
1.5 Hipotesis
(jika ada)
1.6 Metode
Penelitian
1.7 Unit
Analisis
1.8 Model
Kerangka Teori
|
|
|
|
2.
|
1.1 Latar
Belakang Penelitian
1.2 Identifikasi
Masalah
1.3 Variabel
1.4 Kerangka
Teori
1.5 Hipotesis
(jika ada)
1.6 Metode
Penelitian
1.7 Unit
Analisis
1.8 Model
Kerangka Teori
|
|
|
|
Catatan : Pengajuan Judul Minimal 2 (dua) Buah
Topik yang
disetujui Ketua/Sekretaris Jurusan Ilmu Pemerintahan
Nomor
:
Dewi
Kurniasih, S.IP.,M.Si.
NIP. 4127 35 31 003
SISTEMATIKA
PENULISAN SKRIPSI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
ABSTRAKSI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Maksud dan Tujuan
1.3 Metodologi Penelitian
1.4 Pembatasan Masalah
1.5 Sistematika Penulisan
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Berisi landasan teori dari
permasalahan yang diambil, juga landasan teori dari sistem komputer/bahasa
pemograman yang dipakai (bila memakai program komputer).
BAB III DATA HASIL PENELITIAN
Semua informasi yang ada pada obyek
penelitian (instansi/dinas/lembaga, baik pemerintahan maupun kemasyarakatan)
yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.
BAB IV ANALISIS HASIL PENELITIAN
Melakukan analisis terhadap data hasil
penelitian berdasarkan pembatasan masalah dengan didukung oleh konsep-konsep
dan teori yang digunakan dalam tinjauan pustaka.
Bila pengolahan data menggunakan
software komputer harus disertakan langkah-langkah pemrosesan data (dalam
lampiran penelitian).
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Menyimpulkan hasil analisis dan
memberikan masukan/saran yang bersifat operasional bagi pemecahan masalah di
instansi/dinas/lembaga pemerintahan atau kemasyarakatan yang dijadikan obyek
penelitian.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN (termasuk daftar listing
program bila ada)
CARA PENULISAN SKRIPSI
1. Diketik pada kertas HVS berukuran A4 dengan berat 80
gram.
Bagian dari
kertas yang memuat naskah tik mempunyai batas sebagai berikut :
¨ Tepi
atas kertas : 3 cm
¨ Tepi
bawah kertas : 3 cm
¨ Tepi
kanan kertas : 3 cm
¨ Tepi
kiri kertas : 4 cm
2.
Baris-baris kalimat naskah berjarak 2 spasi.
3.
Baris pertama paragraf baru juga berjarak 2 spasi dari
baris terkahir paragraf pendahulunya.
4.
Untuk huruf pertama pargaraf baru dimulai 5 ketikan tik
dari batas tepi kiri kertas.
5.
Nomor halaman 1,5 cm di ujung kertas, kecuali halaman
yang memuat bab baru. Pada halaman ini nomor halaman dituliskan di bawah tengah
1,5 cm.
6.
Sampul untuk Skripsi berwarna merah.
Pada sampul tersebut dicetak judul Skripsi, nama lengkap
penyusun, baris UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA dan tahun penyusunan yang
semuanya menggunakan huruf kapital (kecuali kata “oleh”) dan dicetak dengan
tinta emas. Pada punggung sampul (jika tebal mencukupi) dituliskan nama
penyusun, judul, dan tahun.
7.
Halaman pengesahan ditik pada halaman baru. Halaman ini
antara lain memuat judul, nama penyusun, tanggal pengesahan, nama dan tanda
tangan pembimbing, nama dan tanda tangan Ketua Jurusan.
8.
Setelah halaman pengesahan, dicantumkan halaman
Pengesahan oleh Dosen Penguji 1, Dosen Penguji 2, dan Dosen Pembimbing Utama
serta Dosen Pembimbing Pendamping.
9.
Judul Bab didahului oleh tulisan BAB diikuti oleh nomor
bab yang ditulis dengan angka Romawi, misalnya BAB I. Bab dan nomornya ditik 4
spasi di bawah tepi atas kertas tanpa diakhiri titik di belakang angka Romawi
dan diletakkan secara simetrik dalam batas kertas yang boleh ditik. Bab baru
ditulis pada halaman baru. Judul bab ditulis dengan huruf kapital tanpa titik
di belakang titik huruf akhir.