CONTOH SILABUS PEMBELAJARAN SIKLUS I Ilmu Pengetahuan Alam II Sains

SILABUS PEMBELAJARAN SIKLUS I

Mata pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Alam
Satuan Pendidikan      : SDN 2 Nagarasari
Kelas / semester          : IV / 2
Alokasi waktu             : 2 Jam Pelajaran (2 x 40 menit)

A.    Kompetensi Dasar
Meningkatkan penguasaan konsep energi bunyi.
B.     Hasil Belajar
Berkembangnya keterampilan dalam mengamati, menerapkan konsep, menafsirkan, menggunakan alat, dan merencanakan penelitian.
C.    Indikator
Siswa mampu:
·         Membuktikan bahwa bunyi timbul karena adanya getaran.
·         Menentukan alat-alat sebagai sumber bunyi.
D.    Materi Pokok
Penerapan konsep sumber energi bunyi
E.     Fokus Tindakan
·         Membentuk sikap ilmiah siswa dalam merancang / mendemonstrasikan suatu karya / model dengan menerapkan konsep energi bunyi.
·         Meningkatkan kadar waktu efektif belajar siswa.
F.     Langkah-langkah Pembelajaran
Fase 1: Membuka pelajaran dan menyampaikan tujuan
Membuka pelajaran
Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu mempelajari sumber energi bunyi serta diharapkan siswa mampu mendemonstrasikan alat peraga / media yang baru.
Memotivasi siswa agar benar-benar memanfaatkan waktu dan aktif dalam kegiatan belajar.

Fase 2: Menyajikan materi pelajaran
·         Memperlihatkan sebuah alat peraga yakni alat peraga kotak berdawai.
·         Untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa, guru memberikan pertanyaan secara klasikal / individual tentang tanggapan mereka terhadap alat peraga yang ditunjukan.
·         Memberikan penguatan pemahaman terhadap tanggapan siswa.
·         Mendemonstrasikan alat peraga kotak berdawai.
·         Menyampaikan informasi tentang konsep energi bunyi yakni bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar dan segala sesuatu yang menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.
·         Dengan menggunakan indra penglihat siswa dibimbing guru mendemonstrasikan alat peraga kotak berdawai untuk menginformasikan bahwa bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar.
-          Dengan indra peraba siswa dapat menyentuh dan merasakan alat peraga setelah dipetik.
-          Dengan indra penglihat siswa dapat melihat getaran dawai yang dipetik.
-          Dengan indra pendengar siswa dapat mendengar bunyi dari dawai yang bergetar.
·         Membandingkan 2 alat peraga kotak berdawai yang dipetik dan tidak dipetik, untuk menanamkan konsep bahwa bunyi timbul karena ada getaran.
·         Memperkuat pemahaman siswa dengan cara menyuruh seluruh siswa berteriak sambil memegang tenggorokan  dilanjutkan dengan pembahasan kegiatan.
·         Memberikan contoh-contoh lain dengan alat / media yang tersedia di dalam kelas. Contoh: mengetok-ngetok alat tulis dan lain-lain.


Fase 3: Mengondisikan dan membantu kerja siswa
·         Mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok kerja.
·         Menginformasikan agar melaksanakan persiapan kelompok kerja.
·         Membagikan LKS, serta kemudian membacakan setiap petunjuk kegiatan dalam LKS.
·         Memberikan bimbingan secara kelompok / individu antara lain memberikan penjelasan tambahan pada siswa yang mengalami kesulitan memahami tugas-tugas tertulis dalam LKS.
·         Memonitor aktivitas siswa.
Fase 4: Mengetes Materi
·         Secara bergiliran setiap kelompok tampil ke depan kelas untuk menyajikan hasil pekerjaan kelompok mereka.
·         Sebagai moderator guru meminta penjelasan tambahan dari siswa mengenai hasil LKS, untuk menambah pemahaman kelompok lainnya.
·         Memfasilitasi kelompok lain untuk bertanya pada kelompok yang sedang tampil.
·         Membantu unjuk kerja siswa di dalam kelas.
Fase 5: Memberikan penghargaan dan menutup pelajaran
·         Memberikan penghargaan dan dukungan terhadap setiap aktifitas siswa yang positif selama kegiatan berlangsung dengan pujian-pujian.
·         Mengumumkan hasil unjuk kerja kelompok (LKS) terbaik tanpa menyepelekan kelompok lainnya.
·         Mengulang topik pembahasan untuk menguatkan pemahaman siswa.
·         Menginformasikan pokok bahasan yang akan disajikan pada pertemuan berikutnya.
·         Menutup pelajaran.

G.    Sarana dan Sumber Pembelajaran
LKS
Alat peraga kotak berdawai
Alat / benda-benda dalam ruang kelas
Buku Sains untuk SD kelas IV Penerbit “Erlangga”
Alam Sekitar Kita 2, untuk SD kelas IV Penerbit “Depdikbud”.

H.    Penilaian
Produk            : Melalui unjuk kerja siswa (LKS) yang ditampilkan kelompok siswa.
Sikap   : Melalui pengamatan siswa dalam kerja kelompok.

LKS
Kelompok
:



Anggota
:
1.      …….
2.      …….
3.       
3.      …….
4.      …….
                                                              i.       
5.   …….

Perhatikan dan kerjakan petunjuk kerja kelompok di bawah ini!
Rencanakan beserta teman klompokmu untuk membuat sumber  bunyi dengan menggunakan anggota tubuh atau benda-benda yang ada di kelasmu!
a. Apa saja benda yang kalian gunakan?
 Jawab:
b. Apakah alat sumber bunyi kelompok kalian menghasilkan getaran?
    Jelaskan bagaimana caranya!
    Jawab:
c. Apa nama sumber bunyi yang kelompok kalian buat?
    Jawab:                                            
Pergakan dan tunjukan kreasi sumber bunyi di depan kelas bersama teman kelompokmu!
Selamat mengerjakan !

SILABUS PEMBELAJARAN SIKLUS II

Mata pelajaran             : Sains
Satuan Pendidikan      : SDN 2 Nagarasari
Kelas / semester          : IV / 2
Alokasi waktu             : 2 Jam Pelajaran (2 x 40 menit)

A.    Kompetensi Dasar
Meningkatkan penguasaan konsep energi bunyi.
B.     Hasil Belajar
Berkembangnya keterampilan dalam mengamati, menerapkan konsep, menafsirkan, menggunakan alat, dan merencanakan penelitian.
C.    Indikator
Siswa mampu:
·         Membedakan antara bunyi tinggi dan rendah serta sifat-sifatnya.
·         Mengubah bunyi tinggi menjadi bunyi rendah.
D.    Materi Pokok
Penerapan konsep tinggi rendahnya bunyi
E.     Fokus Tindakan
·         Membentuk sikap ilmiah siswa
·         Meningkatkan kadar waktu efektif belajar siswa.
F.     Langkah-langkah Pembelajaran
Fase 1: Membuka pelajaran dan menyampaikan tujuan
Membuka pelajaran
Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu: mempelajari tinggi rendahnya bunyi dan kuat lemahnya bunyi.
Memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran.
Fase 2: Menyajikan materi pelajaran
·         Memberikan pokok materi pelajaran sebelumnya. Untuk mengetes ingatan siswa guru memberikan pertanyaan-pertanyaan.
·         Guru meminta salah seorang / beberapa siswa maju ke depan kelas dilanjutkan dengan meminta salah seorang siswa berteriak dengan keras dan pelan.
·         Memberikan penjelasan tentang perbedaan bunyi tinggi dan rendah.
·         Guru mendemonstrasikan alat peraga kotak berdawai untuk membendingkan bunyi kuat dan bunyi lemah.
Fase 3: Mengondisikan dan membantu kerja siswa
·         Mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok kerja.
·         Membagikan LKS dan alat peraga pada masing-masing kelompok.
·         Memberikan bimbingan secara kelompok / individu.
·         Memonitor aktivitas siswa.
Fase 4: Mengetes Materi
·         Secara bergiliran setiap kelompok tampil ke depan kelas mendemonstrasikan unjuk kerja mereka.
·         Sebagai moderator guru meminta penjelasan tambahan serta memfasilitasi kelompok lain untuk mengungkapkan pendapat.
·         Membantu dan membimbing unjuk kerja siswa di depan kelas.
Fase 5: Memberikan penghargaan dan menutup pelajaran
·         Memberikan dukungan dan pujian terhadap aktivitas siswa yang positif serta memberikan bimbingan terhadap aktivitas siswa yang kurang baik selama kegiatan belajar berlangsung.
·         Mengumumkan hasil LKS.
·         Mengulang topik pembahasan.
·         Menginformasikan pokok bahasan yang akan disajikan pada pertemuan berikutnya.
·         Menutup pelajaran.



G.    Sarana dan Sumber Pembelajaran
1.      LKS
2.      Alat peraga kotak berdawai
3.      Buku Sains untuk SD kelas IV Penerbit “Erlangga”
4.      KTSP 2006.
H.    Penilaian
1.      Produk            : Melalui hasil LKS.
2.      Sikap   : Melalui pengamatan siswa dalam kerja kelompok.

LKS
Kelompok
:



Anggota
:
1        …….
2        …….
3.      …….
4.      …….
                                                              i.       
5.   …….

lakukan beserta kelompok kerjamu!
1.      pasanglah senar / karet pada sekrup yang tersedia pada alat peraga.
2.      Bedakan antara senar A dan B yang menunjukan
a.       Senar A: bunyi tinggi
b.      Senar B: bunyi rendah
Isilah pertanyaan di bawah ini
1.      Bagaimanakah cara mengikatkan senar pada sekrup A untuk menghasilkan bunyi tinggi.
2.      Bagaimanakah cara mengikatkan senar pada sekrup B untuk menghasilkan bunyi rendah.
3.      Bagaimanakah cara mengubah bunyi tinggi pada senar A menjadi bunyi rendah.
4.      Bagaimanakah cara mengubah bunyi kuat pada senar B menjadi bunyi rendah.
5.      Perhatikan ke 2 senar A dan B yang mempunyai sifat bunyi yang berbeda. Apa perbedaan getaran pada ke 2 senar tersebut!
Lakukan kembali di depan kelas kegiatan yang kelompk kalian kerjakan.
SILABUS PEMBELAJARAN SIKLUS III

Mata pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Alam
Satuan Pendidikan      : SDN 2 Nagarasari
Kelas / semester          : IV / 2
Alokasi waktu             : 3 Jam Pelajaran (3 x 40 menit)

A.    Kompetensi Dasar
Meningkatkan penguasaan konsep energi bunyi.

B.     Hasil Belajar
Berkembangnya keterampilan dalam mengamati, menerapkan konsep, menafsirkan, menggunakan alat, dan merencanakan penelitian.

C.    Indikator
Siswa mampu:
·         Memahami karakteristik energi bunyi bahwa bunyi meramabat melalui benda gas, cair dan padat.

D.    Materi Pokok
Penerapan konsep perambatan energi bunyi

E.     Fokus Tindakan
·         Membentuk sikap ilmiah siswa
·         Meningkatkan kadar waktu efektifitas belajar siswa.

F.     Langkah-langkah Pembelajaran
Fase 1: Membuka pelajaran dan menyampaikan tujuan
Membuka pembelajaran
Menyampaikan semua tujuan yang ingin dicapai.
Memotivasi siswa untuk siap dan aktif dalam kegiatan belajar.
Fase 2: Menyajikan materi pelajaran
·         Mengulang pokok-pokok bahasan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Memberikan materi pelajaran yakni perambatan bunyi menggunakan metode ceramah.
·         Memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan tanggapan atau pertanyaan tentang materi yang sedang dibahas.
Fase 3: Mengondisikan dan membantu kerja sis
·         Membagikan LKS.
·         Memberikan petunjuk secara lisan untuk menambah pemahaman siswa pada petunjuk tulisan yang ada dalam LKS.
·         Memonitor dan membimbing aktivitas siswa dalam mengerjakan LKS.
Fase 4: Mengetes Materi
·         Membahas LKS yang telah dikerjakan siswa.
·         Memberikan pertanyaan-pertanyaan tambahan yang berkaitan dengan isi dalam LKS.
·         Memberikan jawaban LKS yang tepat dibuktikan dengan guru mendemonstrasikan ulang petunjuk dalam LKS di depan kelas.
·         Memberikan penguatan pemahaman siswa melalui pembahasan LKS.
Fase 5: Memberikan penghargaan dan menutup pelajaran
·         Memberikan dukungan dan penghargaan terhadap siswa yang aktif dalam belajar,
·         Mengumumkan hasil LKS dengan memberikan pujian / tepuk tangan pada siswa yang mendapat nilai memuaskan.
·         Menutup pelajaran.



G.    Sarana dan Sumber Pembelajaran
1.      LKS
2.      Alat peraga kotak berdawai
3.      Ember dan air
4.      Buku Sains untuk SD kelas IV Penerbit “Erlangga”
5.      Alam Sekitar Kita 2, untuk SD kelas 4 penerbit “Depdikbud”.

H.    Penilaian
1.      Kinerja : Penilaian proses terhadap kinerja siswa selama fase 3
2.      Produk            : Nilai karya siswa dalam mengerjakan LKS.
3.      Sikap   : Observasi aktivitas siswa.


LKS

Nama   :
Kelas   :
No       :

I.       Ikuti langkah-langkah kegiatan I di bawah ini, jika kurang faham terhadap petunjuk tertulis, tanyakan pada gurumu!
Lakukan oleh 2 orang dalam kelompokmu secara bergantian
o   Rentangkanlah benang pada alat peraga kotak berdawai hingga kencang.
o   Suruh temanmu memetik senar alat peraga kotak berdawai.
o   Dengarkanlah melalui lubang kaleng dengan benang yang terentang.
Pertanyaan:
1.      Dengan mendengarkan dari lubang kaleng, apa yang terjadi sebelum senar dipetik?
Jawab :
2.      Dengan mendengarkan dari lubang kaleng, apa yang terjadi sesudah senar dipetik?
Jawab :
3.      Hal ini membuktikan bahwa bunyi merambat melalui benda ….
Jawab :


II.    Ikuti langkah-langkah kegiatan II di bawah ini, jika kurang faham terhadap petunjuk tertulis, tanyakan pada gurumu!
Lakukan dengan teman kelompokmu secara bergiliran
o   Sediakan 1 ember plastik diisi dengan air penuh!
o   Celupkan alat peraga kotak berdawai pada ember tersebut sehingga tenggelam.
o   Munculkan tabung pada alat peraga ke permukaan air.
o   Kencangkan senar pada sekrup alat peraga kotak berdawai
o   Petik senar kotak peraga di dalam air.
o   Dengarkan melalui lubang tabung alat peraga kotak berdawai.

Pertanyaan
1.      Apa yang terjadi setelah senar dipetik dalam air?
Jawab :
2.      Hal ini membuktikan bahwa bunyi dapat merambat melalui benda ….
Jawab :

DMC