PENINGKATAN
KEMAMPUAN MEMBACA SISWA
MELALUITEKNIK
"SKIMMING"
DISEKOLAH
DASAR
Oleh
: ClCIH WIARSIH NIM: 0601823
(Sebuah
Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di
Kelas V SDN 8 Kawunglarang, Kecamatan Rancah,
Kabupaten Ciamis)
ABSTRAK
Penelitian
tindakan kelas ini dilaksanakan dalam rangka menyembangkan teknik pembelajaran
Bahasa Indonesia di SD melalui teknik "Skimming" untuk kebutuhan
meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V di SDN 8 kawunglarang
UPTD Kecamatan Rancah. Adapun siswa yang menjadi sasaran dalam
keseluruhan tindakan penelitian berjumlah 23 orang. Model
pembelajaran melalui teknik "Skimming" di implementasikan melalui tindakan
pembelajaran dengan menggunakan teknik "Skimming" yang dilakukan dengan
penelitian tindakan kelas guna mengetahui kinerja siswa dan guru pada saat
melakukan pembelajaran. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil tindakan dan pembahasan
pada setiap siklus menunjukan bahwa siswa kelas V di SDN 8 Kawunglarang,
pada tahap pra tindakan hasil kurang memuaskan, sehingga kemampuannya
dipandang kurang. Setelah serangkaian tindakan pembelajaran dilaksanakan
serta semua fokus tindakan pembelajaran diperhatikan ternyata dapat
menunjukan kinerja siswa yang meningkat baik pada pembelajaran satu} dua,
maupun tiga. Demikian juga kinerja guru menjadi lebih baik. Hasil
penelitian menunjukan, bahwa pembelajaran membaca melalui teknik
"Skimming" berhasil dengan baik serta memiliki keunggulaa Keunggulan tersebut
antara lain:
1.
Keterampilan siswa dalam membaca
meningkat
2.
Kinerja guru dalam merancang dan
melaksanakan pembelajaran pun sangatbaik.
Berdasarkan
hasil observasi terhadap kinerja siswa dan guru pada akhir tindakan
pembelajan siswa secara klasikal rata-rata artinya, tarap peningkatan
keterampilan membaca siswa kelas V SDN 8 Kawunglarang termasuk kategori
bait
pembelajan siswa secara klasikal rata-rata artinya, tarap peningkatan
keterampilan membaca siswa kelas V SDN 8 Kawunglarang termasuk kategori
bait