CONTOH ABSTRAK SKRIPSI|ILMU PENDIDIKAN


PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA
MELALUITEKNIK "SKIMMING"
DISEKOLAH DASAR
Oleh : ClCIH WIARSIH NIM: 0601823
(Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas V SDN 8 Kawunglarang, Kecamatan Rancah,
Kabupaten Ciamis)
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam rangka menyembangkan teknik pembelajaran Bahasa Indonesia di SD melalui teknik "Skimming" untuk kebutuhan meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V di SDN 8 kawunglarang UPTD Kecamatan Rancah. Adapun siswa yang menjadi sasaran dalam keseluruhan tindakan penelitian berjumlah 23 orang. Model pembelajaran melalui teknik "Skimming" di implementasikan melalui tindakan pembelajaran dengan menggunakan teknik "Skimming" yang dilakukan dengan penelitian tindakan kelas guna mengetahui kinerja siswa dan guru pada saat melakukan pembelajaran. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil tindakan dan pembahasan pada setiap siklus menunjukan bahwa siswa kelas V di SDN 8 Kawunglarang, pada tahap pra tindakan hasil kurang memuaskan, sehingga kemampuannya dipandang kurang. Setelah serangkaian tindakan pembelajaran dilaksanakan serta semua fokus tindakan pembelajaran diperhatikan ternyata dapat menunjukan kinerja siswa yang meningkat baik pada pembelajaran satu} dua, maupun tiga. Demikian juga kinerja guru menjadi lebih baik. Hasil penelitian menunjukan, bahwa pembelajaran membaca melalui teknik "Skimming" berhasil dengan baik serta memiliki keunggulaa Keunggulan tersebut antara lain:
1.      Keterampilan siswa dalam membaca meningkat
2.      Kinerja guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran pun sangatbaik.
Berdasarkan hasil observasi terhadap kinerja siswa dan guru pada akhir tindakan
pembelajan siswa secara klasikal rata-rata                      artinya, tarap peningkatan
keterampilan membaca siswa kelas V SDN 8 Kawunglarang termasuk kategori
bait

DMC