Contoh
CV / Curriculum Vitae merupakan syarat dalam mengajukan lamaran
pekerjaan. CV atau curriculum Vitae yang dalam bahasa indonesia disebut
dengan daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya ( wikipedia).
CV begitu penting terlebih untuk menjelaskan berbagai hal seperti nama,
Tempat tanggal lahir, agama, no kontak yang bisa dihubungi. - See more at: http://www.usaharumahan19.com/2014/06/contoh-cv-curriculum-vitae-yang-baik.html#sthash.IaEhgJW1.dpuf
Kumpulan Contoh CV (Curriculum Vitae) - Contoh CV / Curriculum Vitae merupakan syarat dalam mengajukan lamaran pekerjaan. CV atau curriculum Vitae yang dalam bahasa indonesia disebut dengan daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya ( wikipedia). CV begitu penting terlebih untuk menjelaskan berbagai hal seperti nama, Tempat tanggal lahir, agama, no kontak yang bisa dihubungi.
Curriculum Vitae (CV) atau resume adalah gambaran diri Anda. CV adalah
hal pertama yang dilihat perusahaan dari diri seorang pelamar saat
melamar sebuah pekerjaan. Keberadaan CV sangatlah krusial karena lewat
CV itulah perusahaan mendapat kesan pertama mengenai kita. Ibaratnya
apa yang kita tulis di CV adalah usaha kita dalam self-branding
dan memasarkan keahlian diri sehingga kita terpilih menjadi orang yang
tepat dalam mengisi posisi kerja yang dibutuhkan. Memiliki CV yang
efektif dan menarik akan meningkatkan kesempatan Anda dalam mendapatkan
pekerjaan idaman Anda. Lalu bagaimana cara membuat CV yang efektif,
menarik dan menjual?
Ketika Anda akan melamar suatu pekerjaan yang selama ini Anda
impikan, tahukah Anda hal pertama yang harus Anda tunjukkan kepada pihak
perusahaan? CV. Ya benar sekali, CV atau nama panjangnya Curriculum
Vitae. CV adalah sebuah dokumen singkat yang merangkum tentang data
pribadi kita dari riwayat kehidupan hingga riwayat pekerjaan. CV yang
baik sangat penting untuk menunjukkan profesionalisme kita. Mari pahami
apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat CV yang baik:
10 Syarat Pembuatan Contoh CV (Curriculum Vitae)
1. Pahami dasar- dasar menulis CV yang baik
Sebenarnya, tidak ada peraturan yang kaku dalam penulisan CV. Namun,
ada beberapa hal pokok yang harus Anda sertakan dalam CV-mu. Hal
tersebut mencakup informasi data diri, kontak, riwayat pendidikan,
keahlian khusus yang Anda miliki, pengalaman kerja, ketertarikan
pribadi, prestasi, hobi, dan daftar orang yang bisa Anda memberimu
referensi.
2. Perhatikan penampilan CV-mu
CV yang lolos pasti adalah CV yang secara hati-hati disusun dan
di-print kertas yang bersih dan rapi. Jangan pernah mengirimkan CV di
dalam amplop dalam kondisi yang tertekuk- tekuk atau terlipat. Hal
tersebut akan menunjukkan kalau Anda bukan orang yang kurang serius
dalam melamar perusahaan tersebut. Sebisa mungkin, tulislah juga hal-hal
yang paling penting di CV-mu pada bagian tengah. Di situlah pertama
kali orang akan melemparkan pandangan mereka. Gunakan juga foto dengan
pose dan pakaian yang sopan.
3. Jangan lebih dari dua halaman
Sebuah CV yang baik harus rapi, jelas, dan padat. Buatlah setiap poin
jelas dengan tidak berputar-putar menceritakan hal-hal yang kurang
penting. Tulis saja apa yang penting, dan hapus yang tidak penting.
Orang-orang di perusahaan hanya akan melihat sekilas CV yang Anda buat.
Kalau Anda kebanyakan basa-basi, tentu CV-mu akan ditolak karena tidak
menarik. Selain itu , sebisa mungkin gunakanlah kertas berukuran A4
(yang dianggap standar)
4. Pahami Job Description pekerjaanmu
Job description adalah penjelasan tentang tugas umum/tanggung jawabmu
dalam melakukan suatu pekerjaan. Nah, hal ini menjadi penting untuk
menyesuaikan antara pekerjaan yang Anda lamar dengan kemampuanmu. Cari
tahu lewat internet atau buku tentang detail tanggung jawab dalam
pekerjaan yang Anda lamar. Lalu, kalau Anda pernah melakukan pekerjaan
yang sama, sebutkan hal itu dalam CV-mu. CV Anda pun akan mendapatkan
perhatian lebih dari perusahaan.
5. Selalu Lakukan penyesuaian pada CV-mu
Hal ini khususnya perlu Anda lakukan jika Anda melamar lebih dari
satu jenis pekerjaan. Logikanya, setiap pekerjaan atau perusahaan akan
membutuhkan orang dengan kemampuan dan ketertarikan yang unik. Tidak ada
yang sama satu dan lainnya. Sebagai seorang pelamar kerja, Anda
memiliki lebih dari satu hal yang istimewa. Pilihlah sisi istimewa mana
yang paling tepat ditonjolkan dalam usahamu melamar. Sisi istimewa yang
Anda tonjolkan bisa berbeda-beda, tergantung tuntutan perusahaan
tempatmu melamar. Dengan begini, lamaranmu di sebagian besar perusahaan
itu akan lebih mudah diterima.
6. Tulislah keahlianmu secara jelas dan unik
Coba pikirkan, dari ratusan lamaran yang akan masuk, apa yang akan
membuatmu nampak unik? Ada banyak sekali yang bisa Anda lakukan, tetapi
salah satu hal yang tidak mungkin diabaikan oleh perusahaan adalah
keahlian individualmu. Tulis keahlian yang membuatmu tampak berbeda dan
unik, seperti mampu berbahasa asing, mampu mengoperasikan beberapa
piranti lunak, mampu memimpin dan dipimpin dalam tim, memiliki kemampuan
komunikasi yang baik, dll.
7. Setelah itu, tulis juga ketertarikan personalmu
Tuliskan ketertarikanmu akan suatu hal secara khusus. Lakukan ini
untuk menujukkan ke perusahaan bahwa Anda adalah orang yang penuh
antusiasme dalam hidup. Semisal Anda punya hobi unik yang mengantarkanmu
ke sebuah sukses kecil dalam hidupmu, tuliskan saja.
8. Cantumkan juga pengalaman- pengalamanmu
Tulis saja semua dengan singkat dan jelas. Tulislah pengalaman
kerjamu, atau organisasi, atau juga pengalamanmu dalam kegiatan-
kegiatan sosial yang Anda pernah ikuti. Tunjukkan ke perusahaan yang
Anda lamar bahwa Anda adalah orang yang terlibat aktif dalam berbagai
kegiatan.
9. Masukan referensi yang bisa diandalkan
Hal ini sangat penting untuk ditambahkan karena referensi memberitahu
perusahaan bahwa mereka bisa mengecek kebenaran data yang Anda tulis
dari orang yang Anda jadikan referensi. Pilihlah temanmu atau rekan
kerjamu yang cukup dekat mengenalmu dan mengetahui cukup baik tentang
bagaimana Anda dalam bekerja.
10. Jangan lupa untuk selalu update CV-mu
Kalau Anda ingin dipandang baik oleh perusahaan yang Anda lamar, maka
jangan sampai Anda kelewatan untuk melaporkan pekerjaan atau kegiatan
terakhir (organisasi, volunteering, magang) dimana Anda terlibat. Akan
jauh lebih baik lagi kalau Anda buat CV-mu dari sekarang sehingga tidak
akan ada hal yang terlewat ketika harus membuat CV . Buat calon
perusahaan yang Anda lamar terkesan dengan keaktifan dan antusiasme Anda
bergabung dengan mereka.
Kumpulan Contoh CV Yang Baik dan Benar Terbaru 2016
Data PribadiNama :Zaki FalsTempat, Tanggal Lahir : Tasikmalaya, 23 Oktober 1990Jenis Kelamin : laki lakiAgama : IslamKewarganegaraan : IndonesiaAlamat : Kp. Nagrak Jamanis sindangraja, TasikmalayaTelepon : 0265 -18298839 (Rumah)0856813728370293 (Handphone)Latar Belakang PendidikanA. Formal1991 – 1994 : SMP Tasikmalaya1994 – 1997 : SMEA Tasikmalaya1997 – 2001 : Yayasan Pendidikan Indonesia (Yapendik), BandungB. Non Formal1994 – 1996 : Kursus Komputer di Bina Informatika Nusantara, Jakarta1996 – 1997 : Kursus Bahasa Inggris di Berlitz English, Jakarta2003 – 2003 : Kursus Pajak (Brevet A & B)Kemampuan Yang Dimiliki
- Kemampuan Akuntansi dan Administrasi (Accounting & Administration Skills) Journal printing & Calculation, Ledger, Project Data Updating, Teller, Salary Calculation, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls)
- Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)
- Sistem Perpajakan
Pengalaman Kerja
A. Praktek Kerja Lapangan:Praktek Kerja di : PT. Pileuleuyan International, BandungPeriode : April 2000 - June 2000Tujuan : Persyaratan kelulusan SMEA 1 BandungPosisi : Operator AdministrasiB. Rincian Pekerjaan:
- Mengupdate data konsumen
- Mengatur jadwal pertemuan dengan konsumen
- Menyiapkan surat-surat pernawaran untuk konsumen
- Menyiapkan tagihan
A. Bekerja di PT. Tahutempe International, BandungPeriode : Januari 2004 - Mei 2007Status : Karyawan TetapPosisi : Staf di bagian FinanceB. Rincian pekerjaan :
- Mengelola kas kecil
- Melakukan surat menyurat bisnis
- Mengontrol persediaan peralatan kantor
- Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok
- Penggajian atau payroll
Demikian riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.Bandung, 20 Februari 2016
Zaki fals
Curriculum Vitae
Data PribadiNama : Muhammad Zahrul AlamTempat, Tanggal lahir : Surabaya, 1 Juli 1989;Agama : Islam;Alamat rumah : Purwodadi Grobogan JawatengahNomer telepon : +628157761277Email : rajahari@gmail.comRiwayat PendidikanØ Pendidikan Formal:2007 sampai dengan 2011 : IAIN Jogja IPK 3,7· 2003 sampai dengan 2007 : SMA Negeri Purwodadi;· 2000 sampai dengan 2003 : SLTP Negeri Purwodadi;· 1997 sampai dengan 2000 : SD Negeri Purwodadi ;
Pendidikan Non Formal:
· 2011 : Balatker Keahlian Komputer di Grobogan
· 2005 : Pelatihan kepemimpinan Di Learning Of Leadership VOA Jakarta
Pengalaman Organisasi
· 2005 sampai dengan 2006 : Ketua Karangtaruna Desa Purwodadi
· 2002 sampai dengan 2003 : Ketua OSIS di SMA Negri Purwodadi
Keahlian Tambahan
- Keahlian Komputer ( MS Word, Ms Excel, Ms Powerpoint )
- Keahlian Bahasa Inggris Listening, speaking, writing
Demikian Curriculum Vitae yang dapat saya sampaikan. Untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Hormat saya,Muhammad Zahrul Alam
Curriculum Vitae
Data PribadiNama : Rianti SolikhahTempat, Tanggal lahir : Jakarta , 2 Januari 1989;Agama : Islam;Alamat rumah : Purworejo Jawa tengahNomer telepon : +628157761277Email : rajahaari@gmail.comRiwayat PendidikanØ Pendidikan Formal:2007 sampai dengan 2011 : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prodi Tarbiyah IPK 3,9· 2003 sampai dengan 2007 : SMA Negeri Lebak Bulus;· 2000 sampai dengan 2003 : SLTP Negeri Lebak Bulus;· 1997 sampai dengan 2000 : SD Negeri Lebak Bulus ;
Pendidikan Non Formal:
· 2011 : Pelatihan Public Relation Oleh NS Di jakarta
· 2005 : Pelatihan kepemimpinan Di Learning Of Leadership VOA Jakarta
Pengalaman Organisasi
· 2005 sampai dengan 2006 : IPPNU PC Jakarta Selatan
· 2002 sampai dengan 2003 : Ketua OSIS di SMA Negri Lebak Bulus
Keahlian Tambahan
- Keahlian Komputer ( MS Word, Ms Excel, Ms Powerpoint )
- Keahlian Bahasa Inggris Listening, speaking, writing
Pengalaman Bekarja
- 2002 : Supervisor Astra International
- 2007 : Manager Personalia PT Hamengku Buwono Yogyakarta
Demikian Curriculum Vitae yang dapat saya sampaikan. Untuk dipergunakan sebagaimana mestinya. Hormat saya,
Rianti Solikhah
Contoh Curriculum Vitae
Nama: Annisa PandanwangiDemikianlah pembahasan mengenai Contoh CV (Curriculum Vitae) yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk sahabat yang sedang mencari pekerjaan...
Jenis Kelamin: Wanita
Alamat: Kebon Nanas, Jakarta Timur
Tempat, Tanggal Lahir: Depok, 26 Januari 1988
Status: Menikah
Agama: Islam
Phone: 081234567890
E-mail: pandanwangi.annisa@gmail.com
Pendidikan Formal
2006 – 2010 : Fakultas Teknik Informatika, Universitas Persada Indonesia Y.A.I
2003 – 2006 : SMUN 4 Bekasi
2000 – 2003 : SLTPN 7 Bekasi
Pendidikan Nonformal
2014 Google Analytics Academy
2010 Microsoft SQL Server 2008 Database, Microsoft Certified of Achievement
1999 LIA English Course, General English Advanced Class
Pengalaman Kerja
November 2011 – April 2012 PT. Wire Zero Pariwara (GroupZ) pada Divisi Mediacom sebagai Digital Search
April – September 2012 PT. Wire Zero Pariwara (GroupZ) pada Divisi Interaction sebagai Search Specialist
Oktober 2012 – Sekarang PT. Valala Mandiri pada Divisi SEM sebagai SEM Manager
Pengalaman Organisasi
2008 Ketua divisi Hubungan Masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Informatika Y.A.I2007 Anggota divisi Hubungan Masyarakat, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Informatika Y.A.I
Kemampuan
Mengerti dan dapat mengoperasikan Microsoft Office, Windows XP, Personal Computer, Java Script, C++, HTMLMengerti SEM (Search Engine Marketing) : Search, GDN, Youtube, Facebook Ads
Sertifikat
Search Advertising Certificate, exp: Juli 2014Google Analytics Individual Qualification, exp: Desember 2014