BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Rasionalitas / Latar Belakang Masalah
Pada umumnya orang tua merasa bangga bila melihat
anaknya tumbuh dengan normal, cerdas, tidak cengeng, suka bergaul dengan teman
sebayanya. Dan ada keberanian berbicara dihadapan teman-temannya. Tetapi hati
orang tua sungguh sangat kecewa bila anaknya penakut, tidak bergaul, pasif, dan
berbicara gagap di hadapan teman-temannya.
Perasaan takut dapat berakibat negatif bila
menimbulkan perasaan-perasaan yang menegangkan. Sebetulnya rasa takut itu
dibutuhkan oleh anak agar anak tahu mana hal yang berbahaya dan mana yang
tidak, sehingga anak dapat melindungi dirinya dari keadaan bahaya tersebut.
Menurut Helen Ross pada Simajuntak 1984, perasaan takut adalah suatu perasaan
yang pokok dan begitu erat hubungannya dengan harkat mempertahankan diri dari
bahaya yang berasal dari luar. (orang lain, binatang maupun benda-benda yang
membahayakan).
Rasa takut juga dapat terjadi karena peniruan terhadap
guru orang tua atau temannya. Karena itu dalam mendidik anak, jangan
menggunakan cara-cara yang menimbulkan rasa takut pada anak. Rasa takut juga
dapat menjadi berlebihan bila disertai ancaman atau hukuman. Oleh karena itu
mengancam dan menghukum hendaknya dihindari. Pembiasaan dan ingatan tentang
pengalaman yang kurang menyenangkan berperan penting dalam menimbulkan rasa
takut, seperti cerita-cerita, gambar-gambar dan acara di Televisi atau radio
dengan unsur-unsur yang menakutkan. Biasanya reaksi pertama anak pada rasa
takut adalah panik, baru kemudian
diikuti dengan lari menghindar, bersembunyi atau menangis. Contoh, anak
yang pernah menontoh Film drakula di Televisi, setelah beberapa lama anak tidak
berani melihat benda-benda yang berwarna merah karena dalam Film drakula
tersebut kamar drakula berwarna merah. Bila anak masuk ke kamarnya dan disana
ada benda berwarna merah anak akan menjerit dan tidak tidur di kamar itu.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas permasalahan pokok dalam
penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam menangani anak yang penakut?
Permasalahan di atas dapat dijabarkan secara rinci
menjadi faktor-faktor permasalahan tersebut, yaitu :
1.
Faktor Fisik
2.
Faktor Psikis
3.
Faktor Lingkungan
1.3 Tujuan
Tujuan pokok penulisan makalah ini adalah ingin
mengetahui faktor-faktor penyebab rasa takut pada anak dan upaya guru dalam
menangani anak yang penakut.
Secara rinci tujuan penelitian ini sebagai berikut :
1.
Ingin mengetahui rasa takut yang disebabkan oleh faktor
fisik
2.
Ingin mengetahui rasa takut yang disebabkan oleh faktor
psikis
3.
Ingin mengetahui rasa takut yang disebabkan oleh faktor
lingkungan
4.
Mendeskripsikan guru dalam menanggulangi anak yang
penakut.
1.4 Manfaat
Hasil penelitian ini dapat digunakan :
a)
Sebagai salah satu acuan dalam upaya guru menanggulangi
rasa takut anak
b)
Dapat memberikan wawasan pengetahuan dan pengalaman
kepada guru dalam memecahkan permasalahan pembelajaran dan pengasuhan anak
1.5 Penjelasan Istilah
a)
Upaya adalah memecahkan persoalan, mencari jalan
keluar, dan sebagainya
b)
Guru adalah orang yang pekerjaannya (profesinya)
mengajar
c)
Anak yang dimaksud disini adalah murid TK.
BAB II
KAJIAN
TEORITIS
2.1 Pengertian Permasalahan Anak TK
Perasaan takut adalah suatu perasaan yang pokok dan
begitu erat hubungannya dengan harkat mempertahankan diri. “misalnya
mempertahankan diri dari bahaya yang berasal dari luar. (orang lain, binatang
maupun benda-benda yang membahayakan). Menurut Helen Ross pada Simajuntak,
1984”.
Di dalam ketakutan anak mengatakan “isi yang terbuka”
dan “isi yang tertutup”. Dua orang anak mengatakan bahwa, mereka takut kepada
anjing; barangkali bagi anak yang satu, apa yang dimaksudkannya dengan kata
“anjing” itu berupa dua ekor anjing tertentu yang benar-benar ada, yang
dipunyai oleh tetangganya misalnya, yang betul-betul merupakan binatang yang
berbahaya. Sedangkan bagi anak yang lain lagi, mungkin kata “anjing” itu
dipergunakannya sebagai lambang saja, karena ia merasa selalu tidak tentram
setiap kali di dekatnya ada seekor anjing atau setiap kali terlintas dalam
pikirannya, mungkin akan dijumpai seekor anjing, walaupun pengalaman-pengalaman
yang ada padanya jelas-jelas memperlihatkan bahwa, anjing tertentu ini atau
tertentu itu sama sekali tidak berbahaya. Jadi, kalau anak ini berkata, bahwa
ia takut terhadap anjing, maka enggan
pernyataannya ini ia memang menyatakan sesuatu yang benar. Namun apa yang
dinyatakannya itu belum lagi merupakan seluruh kebenaran yang ada, karena apa
yang menyebabkan rasa takut ialah apa yang dilambangkan oleh anjing itu dan
bukan bahaya lahiriah yang terdapat pada anjing tersebut (menurut Prof.
Jersild).
Kejadian phobia pada anak-anak sukar ditentukan,
karena batasan hobia sendiri masih belum jelas. Seorang anak mungkin takut di
ayunkan tanpa merasa takut ayunannya. Ia mungkin takut pada anjing yang berdiri
di kejauhan (menurut Dr. Penelope Leach)
Rasa takut mempunyai nilai positif dan negatif. Dalam
hal ini seorang individu akan melindungi dirinya dari keadaan bahaya, ini
sifatnya positif. Rasa takut yang positif juga termasuk takut karena memang ada
bahaya yang mau dihindarkan. Misalnya, hukuman, dan kehilangan kasih sayang orang yang dicintai seseorang.
Jadi rasa takut yang positif ini merupakan pengendalian bagi
keinginan-keinginan yang tidak pantas dan menjadi alat pembantu dalam
melaksanakan tuntutan kehidupan sosial biasanya anak yang terlalu dilindungi oleh
orang tuanya, mungkin karena sakit-sakitan sejak kecil demikian juga anak
tunggal yang telah lama dinanti-nantikan, lebih banyak memperlihatkan rasa
takut, sebagai suatu pencerminan dari pada kecemasan orang tua yang
berlebih-lebihan, anak-anak ini mudah sekali terkejut dan takut, karena belum
terlatih menghadapi suasana baru dan belum terbiasa bertindak sendirian
menghadapi sesuatu masalah.
2.2 Jenis Permasalahan Yang Berkaitan Dengan
Fisik, Psikis, dan Sosial
I.
Berkaitan dengan Keadaan FISIK
No.
|
Jenis Permasalahan
|
Identifikasi
|
Dugaan Penyebab
|
Rencana Educational
Treatmen
|
|
Gangguan yang
diderita
|
Gejala yang tampak
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1.
|
Gangguan fungsi panca indra
|
1.
Tunanetra
a. Visual Infairmant
b. Juling
c. Rabun
d. Katarak
e. Glaucoma
2. Tunarungu
a. Hearing Imapirment
b. “Congek”
3.
Tunawicara
a. Bisu
b. Gagap
c. Telor
d. Nasal
|
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
Tidak bisa bicara
…………
…………
|
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
Takut di dekat guru
…………
…………
|
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
Guru perlu pendekatan kepada anak
…………
…………
|
2
|
Kesempurnaan
Fostur tubuh
|
Cacat tubuh
ü Cacat tubuh
a. Cacat lengan kidal
b. Cacat kaki
ü Lumpuh
ü Kerempeng
ü O - binen
ü X - binen
|
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
…………
|
3.
|
Cacat wajah
|
ü Sumbing
ü Tongos
ü Bisulan
ü Legam Sebelah
|
…………
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
…………
|
4.
|
Gangguan kesehatan
|
Mengidap penyakit
§ TBC
§ Folio
§ Atsma
|
…………
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
…………
|
5.
|
Hiferaktif
|
Susah konsentrasi
§ Susah duduk tenang
§ Bergerak berlebihan
§ Impusivitas
|
Anak selalu duduk berdiri
|
Karena ada penyakit
|
Guru memberikan pelajaran kepada anak dengan cara berdiri
|
6.
|
Neuropath
|
Tidak tenang
|
Muka pucat
|
Faktor
Keturunan
|
Guru memberikan pelajaran dengan metode pendekatan
|
7.
|
Ngompol (enuresis)
|
§ Nocturnal
§ Divernal
|
…………
…………
|
…………
…………
|
…………
…………
|
8.
|
Buang air besar
(encofresis)
|
§ Tak terkendalinya “kebelet”
§ Tife kontinyu
§ Diskuting
|
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
|
9.
|
Gagap (sullering)
|
Ingin bicara-bicara tidak ada dikatakannnya
|
Karena takut oleh guru
|
Guru terlalu kasar terhadap anak
|
Dengan cara pendekatan
|
10.
|
Gangguan perkembangan
bahasa
|
§ Reseftif
§ Ekspresif
§ Artikulasi
|
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
|
II.
Berkaitan dengan PSIKIS
No.
|
Jenis Permasalahan
|
Identifikasi
|
Dugaan Penyebab
|
Rencana Educational
Treatmen
|
|
Gangguan yang
diderita
|
Gejala yang tampak
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1.
|
Konsekuensi
|
Susah berkonsentrasi kemampuan
berkonsentrasi rendah
|
Anak tidak memperhatikan guru
|
Guru kurang memperhatikan terhadap anak
|
Perlu adanya interaksi antara guru dan anak
|
2.
|
Intelegensi
|
a. IQ rendah
b. Debil
c. Embisil
d. Idiot
e. Mongolisme
|
……………………
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
…………
…………
|
3.
|
Berbohong
|
a. Berkhayal
b. Membuat
|
Anak
selalu memikir kan
kejadi an yang belum dialaminya
|
Faktor orang tua selalu memarahi
terhadap anak
|
Orang tua atau guru perlu
berbicara
Dengan anak apa adanya
|
4.
|
Emosi
|
a. Takut
b. Cemas
c. Marah
d. Irihati
e. Cemburu
f. Mudah tersinggung
g. Sering sedih
|
Anak
tidak akan tenang
…………
…………
…………
…………
…………
…………
|
Karena guru terlalu keras
…………
…………
…………
…………
…………
…………
|
Perlu pendekatan
…………
…………
…………
…………
…………
…………
|
III.
Berkaitan dengan Keadaan SOSIAL
No.
|
Jenis Permasalahan
|
Identifikasi
|
Dugaan Penyebab
|
Rencana Educational
Treatmen
|
|
Gangguan yang
diderita
|
Gejala yang tampak
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1.
|
Tingkah laku
Agresif
|
a. Mengganggu
b. Merusak
c. Menyerang
d. Memaki
e. Mencemooh
|
…………
…………
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
…………
…………
|
2.
|
Daya suai kurang
|
a. Rendah hati
b. Menyendiri
c. Kurang peduli
d. Pendiam
|
…………
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
…………
|
3.
|
Pemalu
|
a. Hilang keberanian
b. Enggan mencoba
c. Tidak berani tampil
d. Susah
bergaul
|
…………
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
…………
|
4.
|
Anak manja
|
a. Penuh tuntutan
b. Sering merengek
c. Selalu ingin dipenuhi keinginan
d. Anak bungsu
e. Anak sulung
|
…………
…………
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
…………
…………
|
5.
|
Negativisme
|
a. Melawan orang tua guru
b. “Cuek” nasehat atau perintah
c. “Badung” “Bengal”
|
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
|
6.
|
Prilaku berkuasa
|
a. Aroganis
b. Egois
c. Superior
|
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
|
7.
|
Prilaku merusak
|
a. Destroyer
b. Ngacak-ngacak
c. Membongkar mainan
|
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
|
8.
|
Kesulitan belajar
|
a. Hasil belajar rendah “Lower Level)
b. Under Achivers”
c. “Slow Learner”
d. Susah
belajar
|
…………
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
…………
|
…………
…………
…………
…………
|
2.3 Permasalahan Anak yang Penakut
Takut menandakan adanya suatu bahaya yang mungkin
terjadi dan memperingatkan kita supaya lebih waspada. Namun, acapkali seorang
anak merasa takut tanpa alasan yang tepat, misalnya takut pada air. Barangkali
saja perasaan takut ini timbul karena peristiwa tidak enak yang pernah
dialaminya dulu, atau ia pernah ditakut-takuti sebelumnya. Akibatnya ia selalu
menghindar dari air. Kalau hal ini terjadi pada anak, sebaiknya orang tua
memberikan pengertian padanya dan jangan sekali-kali memaksanya atau
menceburkannya ke dalam air. Ini akan mengakibatkan anak lebih takut lagi.
Sangatlah keliru bila orang tua menganggap enteng sesuatu yang di takutkan
anak.
Pada generasi-generasi yang tua dari pada generasi
kita sekarang ini, salah satu tanda atau ciri bagi seorang pahlawan ialah bahwa
ia tidak mengenal rasa takut. Sekarang ini kita mengakui, bahwa pahlawan
semacam itu barangkali tidak pernah ada.
Setiap orang yang sadar akan adanya berbagai macam arus dalam kehidupan
sendiri, serta yang sadar pula akan keadaan-keadaan yang terdapat dalam
lingkungan hidupnya, tidak akan bisa melepaskan dirinya sama sekali dari rasa
takut itu. Beberapa orang takut mengakui pada orang lain, bahwa dirinya sedang
merasa takut dan ada pula beberapa orang yang dalam pikiran ialah suatu daerah
dalam kehidupan mereka yang bisa dikatakan tertutup rapat bagi orang lain,
tidak juga mau mengaku pada dirinya mereka sendiri bahwa mereka merasa takut.
Orang-orang lain lagi, yang lebih memandang diri mereka sendiri dengan segenap
kerendahan hati serta yang lebih berani menghadapi kenyataan tidak merasa perlu
membohongi diri dari masalah ini. Mereka menerima kenyataan bahwa rasa takut
atau ketakutan selalu menduduki, dan masih tetap menduduki tempat yang penting
dalam kehidupan mereka.
Umumnya seorang anak takut pada suatu yang baru atau
asing, dan datangnya secara tiba-tiba.
Mereka juga takut pada kegelapan, apalagi kalau tidak ada yang menemani.
Reaksi terhadap takut itu sendiri
biasanya sama. Sehingga orangtua dengan mudah bisa menandai anak cenderung akan
berlari pada orangtuanya jika ia merasa takut. Dan adapula yang bersembunyi
ataupun menutup mukanya untuk menghindarkan diri dari situasi tersebut. Tapi,
setiap anak umumnya akan menangis atau menjerit untuk meminta pertolongan dari
orang tua.
Perasaan takut memang umum dipunyai seorang anak.
Perasaan ini bisa di dapat dari kemungkinan-kemungkinan dalam proses anak
mengenal lingkungannya. Misalnya, pengalaman-pengalaman sendiri, cerita-cerita
orang tua atau cerita kita sendiri tanpa atau dengan sadar, kita sering
menggunakan rasa takut ini untuk mengendalikan tingkah laku anak kita. Tanpa
memikirkan akibatnya lebih lanjut. Bila anak menangis misalnya kita sering
mengatakan, “awas, kalau menangis terus, ibu panggil dokter, biar disuntik!”
kata-kata seperti ini memang ampuh untuk menghentikan tangis si anak saat itu.
Namun, akibatnya si anak bisa menjadi takut terhadap dokter, sehingga ia selalu
tidak pernah mau dibawa ke dokter manapun. Hal semacam ini tentu saja mempunyai
akibat yang merugikan.
Berbagai sebab bisa pula menimbulkan rasa takut pada
anak. Ia mungkin merasa dikucilkan sendiri, atau mengalami suatu peristiwa yang
menegangkan sebelumnya. Mungkin pula ia seorang pengkhayal yang mudah
terpengaruh oleh dongeng-dongeng menyeramkan. Ruang yang gelap memang
menimbulkan rasa takut pada anak. Karena gelap akan menyebabkan sesuatu bentuk
menjadi samar dan timbulah suatu bayangan. Anak akan merasa tidak pasti
terhadap sesuatu yang dilihatnya, sehingga ia merasa takut.
Menanggapi rasa takut yang tidak masuk akal, orang tua
mesti bijaksana. Janganlah memarahi atau mengatakan anak penakut. Terimalah
ungkapan rasa takutnya dan tenangkan
perasaan anak. Namun, hindari pula sikap membenarkan alasan-alasan yang tak
masuk akal misalnya. Seorang anak menjerit ketakutan, sambil berkata ada ular
di sudut kamar. Si ibu segera mengambil sapu dan pura-pura menghalau ular.
Sikap seperti ini tidak disarankan, karena ini berarti anda mengakui bahwa apa
yang ditakuti benar-benar ada di kamar itu. Janganlah sependapat dengan
anak bahwa bahaya itu ada, akan tetapi
tumbuhkan rasa aman dan sikap berani mengatasi bahaya.
Seorang anak yang belum bisa memisahkan khayal dan
kenyataan, maka orang tua pun harus berhati-hati dalam memberi
peringatan-peringatan kepada anak. Bila orang tua merasa kuatir anaknya bermain
di kolong meja tv yang penuh dengan kabel listrik, sebaiknya orang tua
mengatakan, “Awas jangan main di situ, nanti kamu kena listrik, tanganmu
sakit!” Tetapi jangan sekali-kali menakut-nakuti anak dengan hal-hal yang tidak
nyata. Seperti, “awas, di situ ada meong !” atau jangan ke kolong meja banyak
hantu!” hal-hal yang tidak nyata ini akan diterima anak sebagai kenyataan
betul, sehingga anak menjadi takut kepada hal-hal yang tidak ada. Selanjutnya
anak akan jadi penakut dan takut kepada berbagai hal tanpa alasan yang jelas.
Seorang anak masih harus belajar mengenal segala
sesuatu. Setiap kali ia memasuki situasi baru dan asing, ia bisa merasa
ketakutan . Tetapi, begitu ia mengenal sesuatu yang baru itu maka rasa
ketakutanpun berangsur hilang. Karena itu, biasakan anak membicarakan
ketakutannya. Kalau ia ketakutan pada malam hari, bicarakan dengan anak di
siang harinya, mengenai apa yang terjadi pada malam hari dan apa yang
ditakutinya. Dengan demikian ia tidak begitu takut lagi. Tentu saja diskusi ini
tidak bisa langsung berhasil, apalagi kalau anak masih kecil. Namun, ia akan
ingat isi pembicaraan ini, sehingga lambat laun ia tidak merasa takut lagi.
Ada
suatu pendapat yang mengatakan bahwa rasa takut merupakan krisis dalam
kepercayaan terhadap diri sendiri. Itulah sebabnya perasaan tersebut lebih
sering terjadi pada anak-anak. Dengan demikian, yang paling penting dalam
periode ini ialah bagaimana kita sebagai orangtua dapat menanamkan kepada diri
si anak kepercayaan terhadap diri sendiri.
Sepintas lalu rasa takut pada anak tampaknya seperti
masalah yang sepele. Walaupun demikian, sebagai orang tua hendaknya kita tidak
mengeluarkan ucapan yang justru tidak bisa menolong si anak dalam melepaskan diri dari rasa
takut. Kalau seorang datang kepada kita dan menunjukkan rasa takutnya, maka
pertama-tama yang harus kita lakukan adalah menenangkannya supaya rasa takutnya
berkurang. Jika kita memaksanya atau menyuruhnya melakukan sesuatu yang tidak
diinginkannya, berarti kita justru menambah rasa takutnya. Si anak akan merasakannya sebagai suatu “Pukulan”,
sehingga malah ia bisa mencurigai perasaannya sendiri yang bisa berakibat
hilangnya rasa percaya diri.
Kalo kita perhatikan, anak-anak biasanya berusaha
mengatasi rasa takutnya melalui “Bermain”. Anak akan pura-pura menjadi pemburu gagah berani yang berhasil
menaklukan binatang liar. Sementara anak yang lain mungkin mengkhayalkan
binatang itu sebagai teman bermain yang selalu patuh terhadap segala
perintahnya, dan kepatuhan binatang itu memungkinkan anak mengatasi perasaan takut yang ada dalam dirinya.
Sebagian anak lagi akan berusaha mengatasi rasa takutnya dengan mencoba
mengenal benda-benda yang menakutkannya itu. Mulaialah mereka menarik, membuka,
membongkar dan menyusun lagi, sampai mereka mengetahui dari mana sumber bunyi
pada sebuah kapal-kapalan misalnya. Dengan cara demikian itu anak menyalurkan
perasaan cemas dan berhasil mengatasi rasa takutnya.
Sebenarnya, kecemasan dan ketakutan yang dialami anak
tidak akan terus dipertahankan. Ini terjadi secara alami, dari dirinya sendiri
akan timbul usaha untuk mengatasi rasa
takutnya. Pengamatan para ahli
menghasilkan kesimpulan bahwa
anak mengatasi rasa takutnya dengan berkhayal.
Guna menghilangkan
rasa takut anak, anda bisa melakukannya secara bertahap. Tekniknya
adalah dengan membujuk dan mendekatkan anak pada objek takutnya secara
perlahan-lahan atau apapun cara yang akan anda tempuh, ingatlah bahwa rasa
takut tak bisa dihilangkan dalam sekejap mata, melainkan harus secara
berangsur-angsur. Misalnya, kalau seorang anak
takut kepada anjing, banyak orang tua mengatasi ketakutannya ini dengan
jalan membeli seekor anak anjing yang
sangat kecil dan masih belum berdaya bagi anak itu. Dengan jalan ini, dalam
proses anak anjing itu tumbuh makin besar, secara bertahap anak itu menjadi biasa bersama seekor anjing
peliharaan yang lebih besar.
Ketakutan bisa merusak pribadi anak dan syarafnya, dan
bahkan mungkin menyebabkan kegilaan dan bermacam-macam penyakit syaraf. Apabila
anak tumbuh sebagai penakut, dia telah kehilangan nilai pribadinya, padahal,
kehidupan itu sendiri adalah perjuangan yang memerlukan keberanian dalam segala
hal.
Ketakutan itu disebabkan beberapa hal :
1.
Cerita-cerita seram dan menakutkan. Seperti cerita Jin
Ifrit. Cerita semacam itu harus diganti dengan cerita-cerita kepahlawanan dan
petualangan
2.
Takut kepada gelap. Penyembuhan yang paling baik untuk
menghilangkan rasa takut kepada gelap ialah kita bawa anak-anak ke
tempat-tempat yang gelap lalu kita jelaskan kepada mereka bahwa yang selama ini
mereka takuti adalah dusta dan khayal semata, tanpa ujung pangkal. Adalah
bermanfaat melatih anak tidur dalam kegelapan sejak kecil.
3.
Kebanyakan ibu adalah penakut. Mereka takut kepada
tikus dan kecoa, anakpun akan tumbuh seperti mereka.
Sebaiknya, seorang ibu yang penakut harus berpura-pura menjadi pemberani
dihadapan anaknya. Agar tidak bisa menjadi contoh yang jelek bagi anak.
Disamping itu, ibu pun harus memperkuat keimanan sang anak kepada Allah dan
melatih dirinya agar berani secara bertahap. Ibu-ibu yang penakut merupakan
bahaya bagi bangsa dan negara, karena mereka menularkan pengaruh-pengaruh yang
buruk kepada generasi baru.
Berkata sastrawan Ahmad Amin dalam kitabnya Faldhil Khathir. Yang intinya
sebagai berikut: “Tanggungjawab terbesar yang dipikul oleh kaum wanita adalah
mendidik anak-anaknya, wanita merupakan tempat titipan umat” Hati wanita adalah
tentara pertama yang tanpa dia bom pesawat terbang, kapal selam dan tank baja
tidak ada nilainya. Kalau engkau suka katakanlah : hati wanita adalah
pasukan kelima yang tiada bandingnya dalam menimbulkan rasa
takut dan ciut dalam hati
para musuh. Tentu andapun
sependapat dengan ku bahwa hati
wanitalah yang menciptakan hati pria. Adalah salah seorang yang menyangka bahwa
dia dapat membentuk tentara dari kaum pria, dengan mempersiapkan dan
mempersenjatai mereka, tanpa didukung oleh tentara yang terdiri atas hati kaum
wanita.
4.
Banyak penyebab
ketakutan yang bermula dari salah didik dan kekasaran para orang tua dan para pendidik. Hukuman yang berat dan
ancaman yang terus menerus dapat melahirkan kepribadian yang lemah dan
ketakutan yang abadi pada diri anak.
5.
Kebanyakan dari ketakutan anak-anak dan orang dewasa
itu kembali kepada sebab-sebab dan peristiwa-peristiwa bawah sadar yang lalu,
sebagai akibat dari salah didik. Sebaiknyalah, kita terus berusaha untuk
mengetahuinya dan menjauhkan diri dari padanya melalui latihan sugesti.
2.3.1 Gejala yang tampak dalam permasalahan anak
yang penakut diantaranya:
1.
Takut pada air
2.
Takut pada sesuatu yang baru atau asing
3.
Bila anak menangis misalnya, kita sering mengatakan “Awas,
kalau menangis terus, ibu panggil dokter, biar disuntik!”.
4.
Merasa dikucilkan sendiri atau mengalami suatu
peristiwa yang menegangkan sebelumnya.
5.
Takut pada gelap
6.
Takut pada guru yang menyeramkan
2.3.2 Dampak bagi pembelajaran
Dampaknya sangat tidak baik karena anak tersebut takut
kepada guru, kepada temannya, dan kepada orang yang ada di sekolah, misalnya :
a)
Resfon siswa lebih bersifat pasif (tidak aktif)
b)
Siswa tidak akan berfikir semaksimal
c)
Guru akan mengalami kesulitan menghadapinya sehingga
memerlukan penggunaan strategi
pembelajaran yang lebih persuasive
d)
Guru perlu memberi bimbingan yang ekstra terhadap siswa
tersebut dibandingkan terhadap siswa
yang lain.
2.3.3 Dugaan penyebab
a)
Dampak psikologis dari bimbingan atau didikan yang kurang
kondusif dari keluarga
b)
Faktor genitas /keturunan
c)
Sering menyaksikan hal-hal yang berbau kekerasan
d)
Tidak terbiasanya dengan keadaan yang ramai.